Memulai Digital Marketing dengan Cara yang Tepat
Apakah anda ingin menerapkan digital marketing pada produk/brand, tetapi anda tidak tahu harus memulai darimana?
Pastikan anda sudah memahami apa itu digital marketing, pengertian, konsep, tujuan dan lain-lain ya.
Fokus adalah point penting untuk menjalankan bisnis dengan digital marketing. Karena itu beberapa hal yang baik saat memulai digital marketing adalah.
- Memahami setiap konsep dan aplikasi digital marketing pada bisnis.
- Membuat rencana target pemasaran untuk jangka pendek dan panjang.
- Merekrut staf atau partner digital marketing.
- Menerima data hasil dan melakukan evaluasi kinerja.
- Membangun management dan marketing pada perusahaan.
Berikut merupakan cara untuk memulai digital marketing secara tepat dan optimal :
- Memetakan market bisnis
Kata kunci utama adalah marketing, sedangkan digital adalah medianya. Tahap paling penting dan paling utama adalah anda harus bisa memetakan dan memahami siapa target market anda. market merupakan konsumen atau customer yang akan membeli produk atau jasa anda. pemetaan dimulai dari demografi, status pekerjaan, usia, jenis kelamin, kesukaan, hingga apa alasan mereka membeli produk anda. pemetaan pada market bisnis adalah kerangka awal agar dalam pelaksanaan marketing bisa tetap konsisten dalam menjalankan setiap aktivasi digital marketing agar tidak keluar dari jalur yang telah direncanakan.
- Menentukan nama brand dan logo bisnis
Bebas bisa menggunakan nama sendiri, nama produk, nama jasa, yang paling bagus adalah brand spesifik seperti DHA Digital Marketing.
Jika bisnis atau toko anda sudah mempunyai nama akan lebih mudah ke tahap selanjutnya, yaitu :
- Membuat Website
Membuat website untuk mengelola dan mempromosikan produk/brand sendiri semaksimal mungkin, bisa juga dengan membuat blog. Untuk membuat website sendiri anda tidak memerlukan modal yang besar. Buatlah nama domain sesuai dengan nama produk/brand dan pasang logo di bagian header website. Website itu adalah sebuah platform bagi para pebisnis yang dapat memasarkan produk/brand secara bebas di dunia online dan dapat diakses dimana dan kapanpun. Buatlah website yang menarik agar para konsumen tertarik dengan produk/brand yang dipasarkan pada website anda.
- Membuat Akun Sosial Media
Buatlah akun sosial media minimal 2 akun tetapi akan lebih bagus jika membuat akun sosial media lebih dari 2 akun. Sosial media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan sebuah produk/brand di antara lain: Facebook business, instagram Business, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Whastapp Business, dan Telegram. Yang anda harus ingat adalah buatlah akun business, karena akun business terdapat fitur tambahan untuk mendukung dan mempromosikan produk/brand, salah satu fitur yang sangat berguna adalah Insight yang menjadi salah satu parameter analisa digital marketing.
- Membuat content marketing untuk website
Untuk penerapan digital marketing tentu saja anda harus mempunyai sebuah website yang akan digunakan sebagai media marketing dan ada mengoptimalkan website anda dengan menggunakan content marketing. Contoh Content Marketing adalah artikel, gambar, dan video yang bertujuan untuk memasarkan produk, brand, atau jasa yang ditawarkan.
- Membuat content sosial media
Sosial media bukan hanya sebagai tempat untuk berjualan, tetapi content sosial media bertujuan untuk bersosialisasi dengan para customer. Dengan mengoptimalkan content yang tepat, anda bisa membangun akun sosial media yang disukai dan dipercaya oleh para customer.
- Mencari traffic sebanyak-banyaknya
Sama seperti prinsip toko, semakin banyak yang berkunjung dan pembeli semakin besar juga peluang untuk menaikan penjualan. Begitu juga dengan media digital yang terdapat pada poin diatas
Website : sebagai platform untuk memasarkan secara online dan memberikan informasi tentang brand/produk yang dipasarkan.
Sosial media : memberikan kemudahan bagi para calon konsumen lama dan baru tentang informasi brand/produk dan sekaligus untuk lebih meningkatkan interaksi.
Sosial media sharing juga sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah produk/brand, karena dengan membagikan link facebook, whatsapp, instagram, dll tentang produk/brand juga akan meningkatkan traffic. Dan cara paling sering digunakan selain sosial media, seperti Forum sharing, SEO, Google Ads, Facebook, dan instagram Ads. Point ini sangat penting bagi anda untuk meningkatkan produk/brand yang anda pasarkan secara online.
- Gunakan email marketing
Memang menggunakan email marketing kurang optimal yang berisikan tentang promosi sebuah produk/brand, karena banyak pengguna email yang acuh tentang email berisikan promosi dan mereka anggap spam. Tetapi email marketing juga sangat penting bagi para marketer selama email yang yang dibagikan kepada pengguna tersampaikan dengan baik dan dapat diterima bagi pengguna email.
- Meningkatkan sales konversi
Point ini adalah hasil yang sudah dilakukan dari point-point diatas untuk mendapatkan sales atau penjualan dari aktivitas digital marketing. Sales adalah tujuan utama bagi sebuah marketing, tetapi banyak juga hal-hal yang meliputi, seperti traffic, brand awareness, dan komunitas yang saling menguatkan satu sama lain di bidang bisnis.
- Lakukan Branding secara konsisten
Ini adalah proses jangka panjang yang harus anda lakukan dari tahap awal mulai dari perancangan media dan harus konsisten sampai akhir. Branding adalah sebuah aktivitas yang dipasarkan untuk membuat customer mengingat sebuah produk dan nama produk yang dipasarkan sehingga produk tersebut sebagai brand anda.