5 Jenis Content Digital Marketing yang harus anda ketahui

Dalam digital marketing, dikenal pula istilah content marketing. Content marketing ini adalah suatu teknik marketing dengan cara membuat konten yang berguna pada sebuah situs web. Konten ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet akan informasi tertentu. Dengan tersedia konten yang sesuai dan bermanfaat bagi pembaca, diperlukan pembaca mengikuti apa yang diminta. Misalnya, sebuah situs web yang menyediakan layanan penjualan barang bisa membuat konten yang sesuai dan informatif mengenai penjualan barang. Dengan begini, pembaca akan merasa diberi informasi yang berguna dan akhirnya mau membeli dan yakin akan website anda.

Jika anda ingin, mulailah belajar membuat content sebagai modal awal, karena jika tidak maka anda akan kesulitan melangkah selanjutnya dan anda tidak akan bertahan lama. Jenis konten secara sederhana adalah: gambar, video, text tulisan, dan suara, baik satu atau digabungkan. Lalu, apa saja jenis content marketing yang perlu anda pahami dan kuasai?

  1. Content Informatif.

Konten yang dibentuk baik secara gambar juga tulisan yang akan memberikan informasi yang mudah bagi konsumen. Contohnya, bagaimana cara pemesanan, lokasi alamat toko atau perusahaan, visi dan misi perusahaan, dan informasi tentang profil perusahaan anda. Content informatif adalah konten yang mendasar yang harus anda lebih dalami terlebih dahulu dan anda akan lebih mudah untuk membuatnya sehingga anda bisa memberikan informasi kepada customer lebih banyak dan mendetail yang akan berguna bagi calon customer.

  1. Content Edukatif

Banyak user yang ingin mencari tahu dan bukan hanya ingin mencari tahu saja tetapi para user ingin mencari sesuatu yang akan bermanfaat bagi mereka. Banyak konten edukatif yang bisa anda temukan di mesin pencarian contohnya berbagai macam artikel yang memberikan anda banyak pengetahuan. Apalagi suatu jenis produk atau jasa yang baru, anda harus memulai dengan memberikan informasi seputar produk yang anda jual, contohnya Tips, cara, Bagaimana, pengertian, dan apapun yang berkaitan dengan produk anda sehingga dapat memberikan nilai pada produk anda dari media digital marketing yang anda gunakan.

Pentingnya konten informatif dan edukatif

Memang kedua konten diatas terkesan kurang menjual atau tidak menawarkan sebuah produk akan tetapi sangat penting sekali untuk menunjang produk/brand anda yang akan membangun tingkat kepercayaan antara pebisnis dan konsumen secara positif terhadap media yang digunakan.

Karena dunia online sang calon pembeli dan penjual saling tidak mempunyai kepercayaan masing-masing oleh karena itu sang penjual harus menunjukan konten yang bermanfaat dan memberikan kesan baik untuk produk yang anda pasarkan sehingga calon pembeli akan percaya dan tertarik pada produk/brand yang anda jual.

  1. Content Marketing

Jika anda adalah salah satu pebisnis yang menggunakan media online, senjata paling ampuh adalah digital marketing tentu saja dengan content marketing. Bukan hanya menawarkan produk anda saja, namun content marketing mempunyai karakter masing-masing yang akan mengarahkan dan meyakinkan setiap konsumen yang akan membeli produk anda.

Struktur konten marketing yang tepat :

    • Text paragraf awal 50% fokus pada masalah yang dihadapi konsumen, memberikan edukasi dan informasi bagaimana solusi dari masalah mereka. Bagaimana jika bukan produk solusi, yang Anda bisa bercerita tentang apa yang menarik dari produk anda tersebut.
    • Kemudian paragraf kedua 40% mengarahkan audiens untuk mulai tertarik dengan produk yang anda tawarkan tersebut, seperti kelebihan, pengalaman pengguna, dan testimonial.
    • Selanjutnya 10% text paragraf terakhir adalah call to action untuk menarik order atau kontak.
  1. Content Interaksi

Content ini lebih mengarah untuk mengajak interaksi kepada audiens, pada sosial media yang dikhususkan pada facebook, instagram, twitter, dan lainya. Pada sosial media interaksi antar audiens sangat penting dan tujuan utama untuk memberikan kepercayaan pada audiens, karena semakin bagus interaksi kepada audience maka tingkat kepercayaan dari audience akan semakin tinggi dan sangat bagus bagi bisnis anda. terkadang pada akun business agak kurang baik untuk membangun content interaksi karena sering sekali dipandang sebagai content penjualan, mengakibatkan audiens malas untuk berinteraksi. Begitupun sebaliknya jika semakin kecil interaksi sosial media, maka semakin kecil nilai kepercayaan audience dan mengakibatkan kecilnya algoritma pada akun sosial media yang anda gunakan.

  1. Content Story atau Review

Content ini sangat kuat dan mempunyai nilai tinggi di mata pembaca, jika anda bisa membuat sebuah story yang lebih nyata maka pembaca akan bisa meningkatkan berkali lipat ketertarikan pembaca terhadap konten dan produk anda. anda bisa membuat sebuah pengalaman bagi pengguna/pembaca yang akan memberikan review tentang produk yang anda jual dan membagikan pengalamannya kepada calon konsumen lain yang akan menjadi konsumen tetap. Jenis review ini biasanya dalam bentuk text tulisan, namun akan lebih baik dan menarik jika produk yang anda pasarkan berupa video yang akan mempunyai nilai dan visualisasi.