Knowlegde

9 Media Promosi online cocok untuk digital marketing

9 Media Promosi online cocok untuk digital marketing

Digital Marketing merupakan cara pemasaran produk dan layanan dengan menggunakan teknologi terutama melalui internet. Oleh karenanya memerlukan platform untuk menunjang segala macam promosi untuk memasarkan produk/brand. Sudah banyak media promosi secara online yang dapat memasarkan produk/brand secara efektif dan anda juga memerlukan strategi khusus untuk menarik calon customer. Promosi secara media online terdapat dua cara yaitu secara gratis dan berbayar, namun dua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, akan lebih baik anda untuk mengkombinasikan agar lebih mendapatkan hasil yang lebih optimal. Berikut adalah media promosi online yang dapat membantu memasarkan produk/brand anda:

  1. Youtube

Youtube adalah layanan milik google ini sangat efektif di indonesia karena banyak user yang selalu menggunakan media ini untuk melihat video. Dengan perkembangan internet di indonesia mulai membaik dan kecepatan internet lebih kencang banyak user yang makin masif kecanduan melihat video pada unggahan di youtube.

Membuat sebuah konten promosi pada youtube dapat menarik para konsumen untuk mengunjungi dan melihat produk/brand yang anda punya. Semakin banyak pengunjung pada video anda semakin banyak pula konsumen yang mengetahui produk yang anda jual.

  1. Facebook

Facebook sudah mempunyai banyak user terbesar di dunia yang setiap harinya lebih dari satu juta orang mengisi waktunya dengan melihat timeline facebook mereka. facebook juga memperbolehkan kita untuk mempromosikan dan berjualan dengan membuat fanspage yang sesuai dengan produk yang anda jual. Tidak hanya memperbolehkan untuk berjualan facebook juga memiliki fitur yang bernama facebook ads, pada fitur ini anda bisa membayar dan menargetkan calon pelanggan. Facebook Ads dapat menampilkan produk yang anda iklankan muncul di timeline yang bakal menjadi customer baru.

  1. Instagram

Instagram mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, instagram semakin berkembang pesat sampai sekarang ini. Menggunakan layanan posting melalui video dan foto, instagram tak hanya dijadikan sebagai media untuk sekedar having fun akan tetapi sekarang juga dimanfaatkan oleh banyak pebisnis menjadi lahan bisnis. Online shop sekarang telah banyak menggunakan instagram sebagai media mempromosikan barang atau jasa mereka. Sampai sekarang, sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah online shop yang memakai instagram sebagai medianya.

Fitur iklan pada instagram hampir sama dengan facebook, melalui IG story dan hashtags anda dapat menjaring calon konsumen yang ditargetkan menggunakan IG lewat facebook advertising.

  1. Blog

Blog merupakan salah satu bentuk alat komunikasi informasi online yang bisa memuat banyak sekali informasi. Namun, mayoritas blog hanya digunakan untuk memposting informasi tips, trik, tutorial, berita dan lain-lain. Kemudahan dalam membuat blog inilah yang membuat banyak sekali blog beredar di internet. Dan sebenarnya dengan blog kita bisa menggunakannya menjadi media iklan dan promosi produk kita. Dengan blog kita bisa memangkas biaya, dan sangat efektif karena dapat dengan mudah dilihat orang di seluruh penjuru dunia. Karena blog rata-rata berisi informasi yang spesifik dan anda juga dapat menaikan authority untuk personal branding ataupun memberikan edukasi pengunjung tentang produk/brand yang anda pasarkan.

  1. Twitter

Twitter adalah salah satu media sosial yang populer sampai sekarang. Penggunaannya yang mudah, membuat banyak penggunanya tetap setia memakai media umum ini. Ternyata, banyaknya pengguna aktif Twitter sebagai pasar potensial untuk menawarkan produk atau jasa. Tak hanya itu, Twitter juga bisa sebagai media untuk menambah angka penjualan pada bisnis toko online. Walau hanya bisa menggunakan 245 karakter, twitter tetap menjadi daya tarik bagi penggunanya. Dengan fitur sama seperti facebook dan instagram, twitter juga mempunya fitur hashtags yang dapat membantu memviralkan dan memancing topik yang sedang hangat.

  1. Whatsapp

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp yang sekarang ini sudah semakin marak di kalangan masyarakat mana pun. Whatsapp yang merupakan aplikasi pesan yang mirip seperti SMS ini, hanya mengandalkan data internet untuk berkirim pesan tanpa perlu mengkhawatirkan pulsa habis ataupun jumlah karakter yang dikirimkan. Anda bisa bebas mengirimkan video, foto, maupun suara tanpa ada batasan apapun. Selain itu, Anda juga bisa saling menerima panggilan dalam bentuk suara dan video tanpa adanya biaya apapun atau gratis.

Whatsapp ternyata juga bisa menjadi media promosi online sangat efektif karena kita dapat memberikan edukasi langsung kepada calon customer one on one, yang dapat menjalin interaksi secara personal dengan anda. dengan menggunakan fitur broadcast dan grup anda bisa membangun kedekatan dan memberikan informasi secara berkala kepada customer.

  1. FB Messenger

Facebook Messenger menawarkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, termasuk mendapatkan informasi pribadinya. Mereka juga menawarkan fitur untuk mengirim pesan secara otomatis melalui chat box dan juga dapat dipakai untuk berpromosi secara berkala. Hal ini jelas bahwa bisnis Anda wajib mengembangkan strategi pemasaran menggunakan Facebook Messenger dan lihat hasilnya.

  1. Google Adword

Google AdWords merupakan sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang hingga saat ini masih sebagai sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang memakai mesin pencarian Google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini hampir bisa dikatakan pengguna internet di dunia sebesar 600 juta orang dan hal ini dapat kita manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi kita para pelaku bisnis, untuk itu google menyediakan layanan iklan ini atau Google Adwords untuk membantu Anda para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.

  1. Market Place

Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya online marketplace mempunyai konsep yg kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka merupakan menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih praktis dan mudah. Transaksinya sendiri memang diatur oleh marketplacenya. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace populer adalah lantaran kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.market place seperti tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, dan lainya juga merupakan tempat berkumpulnya calon konsumen yang berpotensial menjadi pelanggan tetap anda.

Sanjaya Solusindo