12 Langkah Panduan Optimasi SEO pada Website

Pastinya setiap pemilik website sudah seharusnya menerapkan SEO(Search Engine Optimization) dengan sangat baik, yang bertujuan agar website anda lebih mudah untuk dicari di mesin pencarian pada google dan sekaligus memunculkan website anda di halaman utama pada mesin pencarian google yang memudahkan para audiens dan visitor menemukan website anda. google sendiri juga telah menyarankan kepada pemilik agar websitenya menerapkan SEO. Berikut ini adalah penjelasan tentang langkah optimasi SEO secara detail, yaitu :

  1. Membuat Website yang Relevan

Relevan dalam arti ini adalah memastikan website yang anda buat mempunyai tema tertentu di semua halaman dan tidak keluar dari jalur yang seharusnya. Akan sangat buruk jika anda mencampurkan beberapa tema dalam satu website akan membuat SEO anda tidak maksimal, karena  Googlebot akan mengidentifikasi website berdasarkan tema-tema khusus.

  1. Memasang Meta Tag

CMS (content management system) website saat ini pasti sudah tersedia meta tag untuk mencantumkan title dan deskripsi yang tepat dibaca, dan termuat kata kunci yang akan dioptimalkan. Kata kunci biasanya ada 2-3  kata yang harus ada pada meta title dan deskripsi.

Untuk pengguna cms wordpress sangat berguna karena tersedia plugin yoast atau all in One SEO yang bisa menjadi indikasi meta tag benar dan tepat.

  1. Pastikan Website Terindex Google

Pada CMS website terdapat bagian untuk mengatur website/url anda untuk terindex google atau tidak, dan jika bagian tersebut di off kan makan website anda akan terblokir dari mesin pengindex pada google. Pastikan website anda dalam keadaan on agar bisa ditelusuri Google Oot dan GoogleCrawl. Pastikan apakah website anda terindex atau belum dengan cara cek pada google dengan menulis (site:website anda).

  1. Membuat Navigasi yang baik

Membuat “about” atau profil website pada bagian menu website. Menu navigasi website adalah navigasi yang diperlukan untuk memberi kemudahan untuk pengunjung yang ingin tahu dan memahami apa saja yang terdapat pada website anda. semakin mudah dan baik navigasi pada website dimata pengunjung, maka pengunjung lebih muda memahami isi website anda dan juga menaikan peringkat SEO website semakin baik di mesin crawl google.

  1. Daftarkan Website di google Search Console

Cara mendaftarkan website anda ke webmaster google dengan search (https://www.google.com/webmasters/), jika sudah anda bisa mencari cara memasukan kode tag pada webmaster pada cms website sampai terdapat tanda terverifikasi bahwa website anda telah terdaftar.

  1. Pasang Peta Situs (Sitemap)

Sitemap adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster/wapmaster untuk menginformasikan kepada search engine ( Google misalnya ) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di crawl (dirayapi oleh mesin pencari). Bentuk Sitemap yang paling sederhana berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing.

  1. Pasang Google Analytics

Google analytics sangat membantu melacak pengunjung/visitor website, bisa melacak bagian apa saja yang paling sering dilihat pada website anda, dan melacak semua informasi demografi pengunjung. Anda juga bisa memantau naik turunya visitor dan apakah content website anda disukai oleh visitor dengan melihat durasi dan bounce rate dari visitor website. Karena ini sangat bermanfaat anda dapat mengetahui apa saja content yang harus dioptimasi.

  1. Pasang Plugin SEO

Gunakanlah website yang bisa diinjeksi dengan plugin SEO, seperti cms wordpress. Dengan plugin ini anda bisa memastikan semua url di dalam halaman website anda mempunyai struktur SEO yang baik. Terdapat plugin semua yang anda harus gunakan adalah Yoast SEO atau All in One SEO.

  1. Buat Content Secara Rutin

Content adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer. Jadi ada 2 tujuan dari content marketing: Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda. semakin sering anda update content pada website anda semakin sehat website, dan semakin sering juga dikunjungi oleh Googlebot. Content yang baik dan berkualitas akan bermanfaat untuk menaikkan ranking website anda di mata google. Salah satu content yang bisa anda aplikasikan adalah membuat artikel karna ini yang paling disarankan.

  1. Membuat Internal Link

Google memberikan saran bagi pemilik website memberi tautan internal link ke content lain yang bersangkutan. Text Link harus sesuai dengan url yang di tautkan. Indikasi content yang baik adalah ketika visitor membuka link internal karena keingintahuan dan ketertarikan dengan pembahasan yang diminati pada halaman website anda.

  1. Link Building yang tepat

Lini building adalah teknik yang paling kuat karena sulit untuk berkompetisi optimasi keyword. Bermain link building sangatlah sulit, karena itu anda harus memulai dengan cara url anda pada halaman website anda dicantumkan oleh website lain, sehingga menaikan popularitas url. Karena link itulah yang membuat website akan mendapatkan rangking yang disebut Page Authority dan Domain Authority yang bisa disebut PA dan DA, semakin tinggi PA dan DA semakin tinggi juga ranking website. Dan banyak macam cara lain, seperti link content placement, content sharing, tier building, dan piramide link building.

  1. Gunakan Sosial Media untuk Berbagi URL

Anda bisa dengan mudah, efisien, efektif, dan tentu saja gratis dengan mencantumkan link pada facebook, instagram, pinterest, linkedin, atau lain-lainya. Terlebih lagi jika pengguna sosial media merespon positif yang akan menaikan traffic, maka