8 Cara Meningkatkan Kepercayaan Calon Customer di Media Online

Seorang pebisnis yang baru masuk di ranah online, ada banyak hal yang harus dipelajari dan diterapkan salah satu hal yang sangat penting bagi pebisnis adalah calon customer karena mereka adalah pembeli dari produk/jasa oleh karena itu calon customer harus mempercayai apa yang anda jual.

Sudah banyak media online seperti, website, online store, marketplace, sosial media, dimana transaksi pada umumnya melalui cara online yang berbeda. Jika sebuah transaksi langsung pembeli bisa membeli barang di tempat, dan sedangkan transaksi online pembeli harus mentransfer sejumlah uang sesuai dengan apa yang dibeli baru barang akan dikirim.

Walau marketplace sudah aman untuk melakukan transaksi, masih banyak customer yang ragu untuk melakukan pembelian sebelum mereka benar benar percaya dengan produk yang mereka inginkan dari si penjual. Sebagai penjual anda harus memberikan kesan baik kepada calon customer agar mereka percaya dengan apa yang anda jual. Berikut adalah hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada calon customer, yaitu:

  1. Gunakan Tampilan yang Familiar

Secara naluri orang akan lebih menerima sesuatu hal yang familiar atau tidak terasa aneh. Misalnya ingin membuka toko online di Tokopedia, buat desain yang mirip dengan umumnya penjual tapi dibuat lebih baik.

Secara tidak sadar anda jika sebagai calon customer pasti akan lebih memilih sesuatu yang familiar atau tidak terasa aneh. Misalkan sebuah toko online seperti tokopedia, buat sebuah desain yang mirip dengan umurnya tetapi dibuat lebih baik dari yang lain.

Contoh, penjual smartphone pada online store, marketplace, atau instagram.

Pada umumnya pemasaran akan menggunakan foto dari box smartphone, smartphonenya, dan informasi tentang smartphone. makan gunakan anda harus memberikan lebih keunggulan dari smartphone tersebut dengan cara mereview smartphone tersebut.

  1. Membuat Desain Website yang Baik

Kebanyakan calon customer akan merasa lebih nyaman melihat desain website yang simple dan mudah untuk digunakan, karena desain tampilan pada website selalu menjadi hal yang tidak pernah lepas untuk membangun bisnis di ranah digital. Baik itu tidak terlalu berlebihan atau kekurangan, seperti warna, display, menu, tampilan produk, dan lainnya bisa menyatu dan cukup nyaman untuk dilihat. 

Kalau anda membuat desain website yang kurang nyaman dan tidak meyakinkan untuk calon customer, pasti mereka tidak mempercayai website anda apalagi berpikiran untuk membeli produk anda. tidak semua customer akan langsung percaya dengan website anda ketika website yang anda buat tidak meyakinkan untuk mereka walaupun informasi yang diberikan sangat meyakinkan.

  1. Tunjukkan Informasi Penjual di Belakang Layar

Banyak pebisnis secara online store, website, sosial media seringkali tidak memberikan informasi siapa sebenarnya mereka dan hanya sebatas memberikan informasi produk dan tata cara untuk order. Ini yang mengakibatkan banyak calon customer tidak percaya penuh pada si penjual. Pada website dan sosial media yang transaksi jual beli online secara manual tanpa ada keamanan dan perantara, sangat penting untuk memberikan informasi kepada calon customer siapa si pelaku bisnis, profil pebisnis, dan produk barang, sehingga orang akan memberikan kesan percaya kepada si penjual.

Berbeda dengan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dll. Karena sistem transaksi mereka sangat aman dan terdapat review disetiap produk yang jual para customer akan lebih percaya dan tidak harus mengetahui informasi si penjual, karena di setiap produk yang si penjual terdapat review dari pembeli lain yang bisa meyakikan customer lain. 

  1. Prioritaskan Kejujuran

Bagi pelaku transaksi penjual maupun pembeli yang menjual barang second atau baru mereka harus memiliki kejujuran. Contohnya, produk yang dipasarkan sama dengan gambar yang diberikan, bertanya stock terlebih dahulu sebelum membeli, memberikan informasi kepada pelanggan kalau si pebisnis hanya berjualan secara online, dan banyak yang lainya.

Tidak semua yang dikatakan tersebut membuat yakin bagi para calon customer, terkadang membuat mereka menjadi ragu terhadap toko tersebut. Tapi sesungguhnya sikap jujur akan disukai oleh customer yang baru atau pernah membeli di toko tersebut dan lagi anda tidak akan merasa takut customer anda akan pergi kejujuran anda kepada setiap pembeli.

  1. Membuat Copywriting

Copywriting adalah salah satu cara yang memberikan kesan dan ketertarikan bagi calon customer terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Banyak macam copywriting tergantung tujuan dan apa yang sedang dipasarkan. Copywriting juga memberikan kesan lebih intens kepada calon pembeli yang seakan-akan anda memberikan.