5 Alasan Mengapa digital marketing sangat penting untuk bisnis anda

Digital marketing sangat penting diterapkan untuk segala jenis bidang usaha dengan tujuan untuk bertahan atau meningkatkan penjualan di tengah era perkembangan teknologi digital. Dulu banyak perusahaan menengah hingga besar menggunakan platform televisi, radio, telepon, dan baliho untuk promosi produk mereka dan cukup banyak mengeluarkan uang banyak. Dengan berkembangnya teknologi digital para pebisnis bisa memanfaat media sosial dan mesin pencari untuk mempromosikan/mengenakan brand dan produk pada konsumen. Mengapa anda harus menerapkan digital marketing pada bisnis anda, seperti :

  1. Konsumen selalu mencari semua informasi di internet

Pengguna internet selalu melakukan pencarian produk, jasa, dan informasi tentang ulasan suatu produk tertentu yang ingin dibeli sebelum membeli produk yang diinginkan. Dengan menggunakan mesin pencarian konsumen dapat memperoleh ribuan hasil seputar produk yang dia inginkan. Oleh karena itu pebisnis sangat diuntungkan dan dapat memanfaatkan itu sebagai salah satu pondasi membangun brand awareness produk melalui berbagai konten, seperti blog, seo, dan paid search demi mendapatkan calon konsumen dan jangkauan luas di mesin pencarian.

  1. Digital Marketing Lebih Hemat biaya

Tidak hanya efektif untuk meningkatkan traffic dan konversi digital marketing juga lebih efisien daripada media televisi, radio, telepon, dan baliho karena lebih hemat biaya juga dapat dijangkau luas oleh konsumen. Dengan mengeluarkan biaya marketing melalui paid search, email marketing, atau konten marketing lebih terjangkau dibandingkan dengan memasang iklan pada televisi. Berdasarkan survei yang sudah dilakukan oleh pakar digital marketing , content marketing lebih hemat biaya tiga kali lipat dibandingkan dengan metode marketing lama. Banyak pebisnis yang sudah menerapkan digital marketing akan dapat menghasilkan ROI ( Return on Investment) yang lebih besar dibandingkan metode marketing konvensional.

  1. Mengukur keberhasilan digital marketing lebih lengkap dan akurat

Digital marketing dinilai lebih unggul dalam mengukur efektivitas iklan karena keefektifan dan keberhasilan iklan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam tools, seperti Google Analytics, Tracking scripts, atau pixel untuk melihat data yang lebih akurat. Karena pengukuran metrik lengkap anda dapat mengukur berapa banyak jumlah iklan yang ditampilkan, jumlah unduhan, jumlah pengunjung pada website anda, dan respon konsumen terhadap iklan yang anda promosikan.

  1. Digital Marketing dapat membantu bisnis untuk mengikuti tren

Setiap perusahaan harus mengikuti tren di era digital agar dapat diterima oleh konsumen, karena perkembangan tren berubah-ubah dalam waktu yang relatif cepat. Tren tersebut juga meliputi aplikasi atau teknologi terbaru yang digunakan oleh konsumen, jargon, dan fenomena dimana budaya populer dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis anda di dunia maya yang akan meningkatkan leads, meningkatkan keuntungan, dan naiknya jumlah konsumen. Salah satu konten yang sangat efektif dalam digital marketing menggunakan platform media sosial dan konten blog karena selalu terhubung dengan tren yang ada. Pebisnis bisa secara langsung menjalin interaksi yang intensif dengan audience jika konten yang diberikan sesuai dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat

  1. Digital marketing dapat membangun citra dan kepercayaan kepada publik terhadap brand

Dengan banyaknya platform yang tersedia pebisnis dapat berinteraksi dengan para konsumen melalui layanan yang tersedia maupun media sosial yang dapat membangun kepercayaan konsumen dengan produk/brand anda. dengan merespon konsumen kita dapat mengukur seberapa efektif strategi content marketing yang sudah diterapkan pada perusahaan dan apa saja yang harus diperbaiki untuk memaksimalkan strategi digital marketing untuk meningkatkan pelayanan dengan tujuan memuaskan konsumen. Bukti nyata penerapan digital marketing pada bisnis adalah perkembangan modernitas. Demi bertahan atau meningkatkan persaingan di dunia bisnis setiap perusahaan harus mampu memanfaatkan dan menerapkan strategi pemasaran dengan mengikuti perkembangan era digital yang bisa menjangkau berbagai konsumen dan menargetkan konsumen dengan cara yang praktis, mudah, dan terjangkau.