SEM dan SEO: Perbedaan dan Manfaatnya
SEO dan SEM memang istilah yang sering disebut pada digital marketing. Bagi anda para pebisnis di bidang digital, pasti anda mengetahui istilah-istilah tersebut namun anda pasti tidak terlalu memahami perbedaan dari keduanya. Karena istilah tersebut sering digunakan secara bergantian dan tidak dipakai secara bersamaan. Ketika seorang menggunakan istilah SEO, pasti istilah SEM tidak akan luput terbawa dari istilah SEO. Berikut adalah perbedaan dan manfaat SEO dan SEM secara bentuk maupun aplikasi, yaitu:
Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?
SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget.
Apa yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari website yang telah teroptimasi (melalui SEO). Inilah pentingnya SEO, ketika hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa, Google. SEO ini sebenarnya merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri.
Hukum dan aturan tak tertulis SEO memang terus berubah seiring dengan perubahan algoritma mesin telusur itu sendiri dari waktu ke waktu. Namun, ada satu aspek dari SEO yang tetap konsisten yaitu: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Inilah komponen inti SEO. Pahami lebih dalam keduanya lewat daftar berikut!
SEO On-Page meliputi:
- Memasukkan target keyword secara alami ke dalam judul blog post, heading tag, meta description, dll.
- Merapikan format URL halaman/ page Anda.
- Mengoptimalkan kecepatan dimuatnya halaman website Anda.
- Mengintegrasikan berbagai media sosial dengan konten Anda.
SEO Off-Page meliputi:
- Membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara natural.
- Menerapkan Local SEO.
Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja.
Komponen Apa yang Disertakan SEM?
SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil penerapan SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.
Jadi, Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM?
SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin telusur. Sedangkan SEM lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil mesin pencari organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik/ strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.
Nah itulah perbedaan utama antara kedua istilah tersebut yaitu bahwa optimisasi mesin pencari (SEO) hanyalah sebuah komponen dari pemasaran mesin pencari (SEM). Seperti telah kami sebutkan juga sebelumnya di atas, SEM mencakup komponen pencarian berbayar semacam PPC dan bahkan juga termasuk SMM (Social Media Marketing).
Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak boleh menggunakan istilah SEO dan SEM secara bersamaan untuk sebuah maksud spesifik. Mengapa? Karena meskipun mereka bekerja.