3 Media yang sangat berpengaruh bagi bisnis anda

Bagi seorang pebisnis yang sudah serius mengembangkan bisnisnya pasti sudah menggunakan atau menerapkan 1 dari 3 media ini, apalagi perusahaan-perusahaan besar yang sudah menggunakan semua media. Mungkin anda baru terjun di dunia bisnis atau baru saja menjalankan salah satu media ini. Apa saja media yang sangat berpengaruh bagi bisnis anda tapi anda kurang sadar untuk ikut menggunakannya, yaitu:

  1. Media Massa

Media massa adalah media-media yang sangat mudah dilihat massa, seperti iklan pada acara tv, baliho, spanduk, koran, dan termasuk iklan di kendaraan umum. Banyak sekali media massa yang pasti digunakan oleh pebisnis dan perusahaan besar, yang bertujuan untuk mengenalkan produk/brand yang mereka tawarkan kepada masyarakat agar mereka mengetahui produk yang mereka tawarkan.

Media massa memang kurang cocok untuk meningkatkan penjualan secara langsung, tetapi sangat kuat untuk meningkatkan brand. Ketika brand yang ditawarkan sudah terkenal oleh masyarakat akan mempunyai timbal balik untuk perusahaan, ketika masyarakat membutuhkan produk yang sudah dipasarkan mereka pasti akan membeli dengan sendirinya.

Sebagus apapun produk anda dalam hal jumlah penjualan akan sangat sulit sekali menandingi produk dari perusahaan besar. Karena itulah media massa sangat kuat sebagai alat marketing jangka panjang. Kesuksesan sebuah produk/brand adalah tanda-tanda akan tumbuhnya bisnis dalam jangka panjang.

  1. Media Sosial

Pada jaman sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan media sosial. Bahkan saat ini media sosial dinilai jauh lebih efektif dan efisien dalam mengiklankan sebuah produk/brand, karena mempunyai pengaturan demografi audiens.

Pada media sosial advertising bisa memberikan dua hasil sekaligus yaitu brand awareness (mengenalkan sebuah merek) dan sales penjualan. Jika target pemasaran menggunakan iklan tepat sasaran maka besar juga kemungkinan akan terjadi konversi, seperti mengontak telepon atau chatting untuk order.

  1. Media Search Engine

Selama masyarakat masih menggunakan internet dalam kehidupan sehari hari yang pasti akan mencari suatu informasi dan hal lain pada google sebagai mesin pencarian internet, selama itulah media search engine akan terus aktif. Media ini adalah salah satu media yang benar-benar murah, sangat efektif, dan dapat mendatangkan penjualan sebagai modal untuk mengembangkan bisnis.

Yang paling sering digunakan adalah SEO((Search Engine Optimization) dan Search Engine Marketing (SEM Google Ads). Ketika anda menggunakan SEM hari ini maka anda mempunyai kemungkinan anda akan mendapatkan penjualan secara langsung, atau besok harinya. Dalam menggunakan SEM tidak sembarang orang yang dapat mengoptimalkan iklan Google Ads(SEM) ini. Tidak semua orang bisa menggunakan SEM karna cukup sulit dan masih sedikit orang yang bisa mengelolanya.