6 Taktik Digital Marketing dan Contohnya
Digital marketers atau yang bisa kita sebut pemasaran digital yang baik adalah pemasaran digital yang mempunyai wujud atau gambaran yang jelas tentang produk/brand di setiap platform digital marketing untuk menunjang pemasaran. Tergantung pada tujuan utama untuk mengatur strategy marketing, pemasaran digital bisa memuat banyak platform yang lebih besar melalui media gratis maupun media berbayar. Peran digital marketing akan bertambah besar bersama dengan pasar yang semakin luas. Berikut adalah 6 taiktik digital marketing dan contoh secara umum.
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan proses untuk mengoptimalkan sebuah website untuk mendapatkan “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil Search Engine pada google dan lainya. Sehingga akan menghasilkan naiknya jumlah trafik organik(tidak berbayar) sebuah website. SEO akan sangat berguna sebagai platform meningkatkan traffic juga bisa membangun kepercayaan user dan itu semua tergantung banyak konten yang dilihat oleh user lain. Media SEO meliputi:
- Website
- Blogs
- Infografis
- Konten Marketing
Konten marketing istilah yang menunjukkan pembuatan/penciptaan untuk sebuah aset konten yang bertujuan menghasilkan brand, awareness, perkembangan traffic, prospek lanjutan dan menarik pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran meliputi :
- Postingan pada Blog
- Ebook dan Artikel
- Infografis
- Brosur Online
- Video
- Gambar
- Dan lainya.
- Sosial Media Marketing
Sosial media marketing paling sering digunakan untuk mempromosikan produk atau konten yang sangat bisa membantu meningkatkan brand awareness, pengendalian traffic, dan memberikan prospek untuk suatu bisnis. Media yang dapat anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi :
- Snapchat
- Google+
- Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah metode yang mengarahkan traffic ke web anda dengan cara membayar setiap kali pengunjung mengklik iklan. PPC biasanya banyak digunakan adalah Google AdWord, yang akan memungkinakan anda membayar dan mendapatkan slot teratas pada mesin pencarian pada google dengan bayaran per klik. Media yang bisa digunakan untuk pemasaran melalui PPC meliputi:
- Facebook Ads
- Tweet Promosi
- Pesan Sponsor LinkedIn
- Google Ads
- Affiliate Marketing
Sebuah jenis iklan dimana anda dapat mempromosikan penawaran atau layanan orang lain di website/konten anda. berikut adalah aplikasi affiliate marketing meliputi :
- Iklan pada youtube
- Mengupload link affiliate
- Native ADS
Native Ads mengacu pada iklan utama yang berisikan konten yang ditampilkan pada halaman utama/lainnya pada platform media bersama dengan konten yang tidak berbayar. Salah satu contoh postingan yang mengandung native ads adalah BuzzFeed, akan tetapi banyak orang yang meragukan iklan di media sosial keaslianya. Berikut adalah Media yang banyak diragukan oleh user lain tetapi sangat penting untuk pemasaran produk/brand:
- Otomatis Pemasaran
Otomasi pemasaran (MA) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggantian proses pemasaran manual berulang dan tugas dengan solusi yang otomatis. Otomatisasi pemasaran memelihara prospek penjualan dengan konten yang dipersonalisasi yang dirancang untuk mengkonversinya menjadi pelanggan melalui iklan dan membina iklan yang membantu mendidik prospek tentang produk Anda. Seperti :
- Postingan sosial media
- Mengupdate daftar kontak
- Memimpin alur kerja
- Laporan campaign
- Email Marketing
Perusahaan menggunakan email marketing sebagai media berkomunikasi dengan customer/pelanggan mereka. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan diskon, sebuah acara, serta untuk mengarahkan calon customer untuk mengunjungi ke website Anda. Jenis email yang dapat dikirim dalam email marketing campaign seperti :
- Pengikut buletin blog.
- Email pengunjung website yang terdaftar.
- Email sapaan untuk customer.
- Promosi liburan untuk program pendapatan member.
- Tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen.
- Diskon untuk para customer.